Sistem Kuliah Jarak Jauh Menjadi Pilihan

Koran Sindo, halaman 2

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mendorong perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengembangkan sistem kuliah jarak jauh. Sistem ini diyakini akan memperluas akses pendidikan tinggi bagi pelajar dari Aceh hingga Papua. Menristek Dikti Muhammad Nasir mengatakan, ke depan, pihaknya merancang kuliah yang borderless. Di menjelaskan, sistem kuliah jarak jauh merupakan jawaban atas dua tantangan besar di masa mendatang, yakni percepatan perkembangan teknologi informasi dan ketatnya persaingan sumber daya manusia.

Menurut Nasir, dengan kecepatan teknologi informasi, perkuliahan jarak jauh bukan menjadi kendala lagi sehingga Indonesia mampu menghasilkan SDM andal lulusan perguruan tinggi. Namun, perguruan tinggi yang membuka kuliah jarak jauh tidak bisa sembarangan. Dia menuturkan, kampus yang infratruktur informasi teknologi dan komunikasinya sudah bagus yang akan terpilih.

Nasir menambahkan, kampus bergengsi Amerika seperti North Carolina University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan University of California Los Angeles (UCLA) sudah menyampaikan keinginannya membantu pengembangan kelas jarak jauh tersebut. Program studi yang bisa dibuka untuk kelas jarak jauh ialah bidang keinsinyuran.

Sementara itu, pengamat pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Said Hamid Hasan berpendapat, pemerintah tidak harus mengembangkan sistem perkuliahan jarak jauh dari nol lagi. Sudah ada Universitas Terbuka (UT) yang didirikan pemerintah sejak 1984 untuk memperbesar daya tampung mahasiswa hingga ke daerah terpencil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s