Kelulusan CPNS Guru Garis Depan ditunda

Koran Sindo, halaman 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunda pengumuman kelulusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk guru garis depan (GGD) hingga waktu yang belum ditentukan. Pendundaan pengumuman itu disampaikan melalui surat edaran nomor 30790/A3/KP/2016 tanggal 30 September 2016.

Alasan penundaan itu, salah satunya adalah akibat dampak dari kebijakan pemotongan anggaran oleh pemerintah terhadap kementerian. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Ia mengatakan, jika pengumuman dilakukan sekarang sementeara penghitungan anggaran belum dilakukan kembali, maka akan ada masalah pada penempatan pos gaji guru.

Bima menegaskan, penundaan itu bukan karena pemerintah tidak mau menerima mereka menjadi PNS, namun diperlukan penghitungan anggaran dan proses yang dilakukan secara bertahap. Ia meminta para guru tidak khawatir karena pemerintah masih terus melakukan pembahasan.

Namun, Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi membantah penundaan ini karena pemotongan anggaran. Ia mengatakan, pendundaan itu dilakukan karena kemendikbud saat ini tengah mengolah data CPNS.

Terkait hal itu, anggota Komisi X DPR, Asdy Narang mengatakan, penundaan pengumuman kelulusan ini perlu dicermati lebih lanjut. Karena, seharusnya GGD ini tidak terkait dengan pemotongan anggaran lantaran formasi CPNS sudah direncanakan sebelumnya. Ia pun meminta agar penerimaan GGD ini harus objektif, baik dari sisi kelengkapan administrasi atau hasil ujiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s