Kemristekdikti Tingkatkan Jumlah Doktor Melalui Program PMDSU

Suara Pembaruan, halaman 17

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, mengatakan, jumlah tenaga pengajar perguruan tinggi yang bergelar doctor di Tanah Air masih minim. Tercatat, jumlah dosen bergelar S-3 hanya 26.199 orang atau sekitar 11,36% dari 160.000 total dosen secara keseluruhan.

Untuk itu, pemerintah melalui menyiapkan Program Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Untuk mendorong program ini, Kemenristekdiki memberikan kesempatan bagi para mahasiswa pascasarjana Program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) 2016 yang berprestasi menyelesaikan studi empat tahun dengan mendapatkan dua gelar sekaligus.

Program tersebut, lanjut Nasir, berguna bagi untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa pasca sarjana yang memiliki prestasi akademik baik untuk mempersingkat studinya. Selain itu, ditujukan guna meningkatkan kualitas dosen dan tenaga pendidik sebagai pelaku utama dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

Nasir menjelaskan, PMDSU saat ini hanya dapat diterapkan pada perguruan tinggi yang terakreditasi A dan berstatus badan hukum. Baru ada lima perguruan tinggi yang telah menjalankan program ini, yakni Istitut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Airlangga (Unair).

Nasir menambahkan, untuk program studi, Kemenristekdikti memprioritaskan jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan berkelanjutan, yakni teknik. Namun, tidak tertutup kemungkinan jika nantinya akan diberikan juga untuk program sosial humaniora. Nasir berharap, program PMDSU tersebut dapat menjaring 300 orang mahasiswa BUDI, sehingga jumlah karya ilmiah Indonesia semakin bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s