Pemkab Purwakarta Alokasikan Rp 10 Miliar untuk Guru Agama

www.beritasatu.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk menggaji ratusan guru lima agama yang diakui pemerintah. Anggaran ini berasal dari pengalihan alokasi subsidi untuk SMA yang pada 2017 sudah ditangani oleh Pemprov. Hal tersebut disampaikan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dalam pertemuan dengan para tokoh lintas agama, Senin (10/10).

Dedi mengatakan, anggaran untuk guru agama disiapkan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per bulan untuk satu guru. Ia meminta guru Agama Islam mengajarkan cara membaca Alquran.

Sementara para pelajar Purwakarta yang nonmuslim, Dedi menjamin tetap mendapat haknya untuk mendapatkan pendidikan agama. Hal ini lantaran kebijakan tersebut tidak hanya mencakup pelajar muslim saja. Pemkab Purwakarta berencana menempatkan satu guru agama Islam untuk setiap sekolah. Sementara bagi siswa nonmuslim akan dikumpulkan di satu sekolah dengan didampingi satu guru agama berdasarkan agama yang dianut oleh pelajar tersebut.

Ia menambahkan, keberadaan para guru dan pengkaji agama yang ditempatkan di sekolah ini tidak akan mengganggu aktifitas pendidikan pelajaran agama yang ada dalam kurikulum. Menurutnya, pelajaran agama akan berjalan seperti biasa sesuai dengan kaidah dalam kurikulum yang sudah ditetapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s