Lembaga Pendidikan Islam Bersatu

Republika, halaman 5

Organisasi dan komunitas umat Muslim mempunyai peranan penting dalam mendorong perbaikan dan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di sebuah negara. Pakar pendidikan dari Universitas Malaysia, Badlihisham Mohammad Nur, mengatakan, selama ini keberadaan organisasi Islam, komunitas, dan gerakan Muslim kerap dipandang negatif. Padahal, nyatanya organisasi dan komunitas Muslim berada di garda terdepan dalam hal memberikan sumbangan bagi peningkatan mutu pendidikan di suatu negara. Hal itu disampaikan dalam International Conference of Islamic Education (ICIE) yang diselenggarakan oleh International Islamic School Alliance (Ittishal), di Surakarta, Selasa (11/10).

Ia pun menilai, keberadaan organisasi Islam di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga memiliki pengaruh besar terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Hanya, organisasi Islam kerap jalan sendiri-sendiri untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dinaunginya.

Sebab itu, ia melihat keberadaan Ittishal sangat penting sebagai wadah untuk mempersatukan penyelenggara pendidika Islam dunia. Dengan begitu, masing-masing lembaga pendidikan dapat berbagi pengalaman dan saling mendorong satu sama lain dalam hal peningkatan mutu pendidikan Islam.

Sebagai contoh, peran penting organisasi dalam perkembangan pendidikan Islam adalah di Amerika Utara. Lembaga pendidikan Islam di sana telah menjadi primadona. Apalagi, setelah ratusan penyelenggara pendidikan memutuskan bergabung dalam sebuah organisasi bernama Islamic Society of North America (ISNA), yang telah berdiri selama 34 tahun. Sekretaris Jenderal ISNA, Abdalla Idris Ali mengatakan, hingga saat ini terdapat sebanyak 500 lembaga pendidikan Islam yang telah bergabung bersama ISNA. Pihaknya meyalurkan sembilan juta dolar Amerika untuk pengembangan sekolah-sekolah di bawah naungan ISNA. Lembaga itu merangkul pengusaha, ilmuwan, dan setiap masyarakat Muslim di sana. Hasilnya, sekolah-sekolah di bawah ISNA menjadi besar dan yang terbaik dibandingkan sekolah-sekolah swasta atau negeri yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s