Optimalkan Peran Negara dalam Pendidikan Islam

Republika, halaman 5

Kementerian Agama menyambut baik usulan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren selama tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (UU Sisdiknas).

Direktur Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Mochsen, kemarin (11/10), mengatakan, pada prinsipnya bila fokus RUU ini adalah kehadiran rekognisi negara yang ingin dimaksimalkan, ini merupakan hal wajar. Sebab selama ini pendidikan Islam belum mendapat kesetaraan baik di sisi rekognisi, program, dan anggaran. Kemenag menyambut baik jika ada keinginan menguatkan rekognisi pendidikan Islam.

Selain itu, Mochsen melanjutkan, regulasi dan optimalisasi peran negara terhadap pendidikan Islam melalui pesantren dan madrasan juga dirasa perlu selama tidak bertentangan dengan UU sisdiknas. Sebab pendidikan madrasah dan pesantren sudah diatur di sana. Namun demikian, meski sudah ada UU sisdiknas, dalam kenyataannya kesetaraan itu belum dirasakan. Maka perlu ada pengaturan.

Mochsen menjelaskan, hal yang juga dianggap penting adalah peran pemerintah daerah agar memberikan perhatian serius terhadap pendidikan Islam. Sehingga regulasi dari pemerintah pusat bisa berjalan ke daerah. Karena, hal ini merupakan tanggungjawab bersama meski kelembagaan Kemenag bersifat vertikal.

Terkait pendidikan pesantren, dengan statusnya sebagai satuan pendidikan non formal hingga saat ini masih kurang mendapat perhatian. Meski dalam UU Sisdiknas tidak membedakan sekolah negeri dan swasta, namun pesantren masih dianggap tidak memberi kontribusi kepada angka partisipasi kasar (APK) pendidikan. Sehingga, hal itu juga perlu diregulasi guna mendapat keseteraan dan afirmasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s