Pengamat: Sistem Pendidikan Indonesia Belum Konsisten

Suara Pembaruan, halaman 16

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menyayangkan, kebijakan guru dan sekolah yang masih memberlakukan budaya tidak naik kelas pada anak kelas 1-3. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015/2016, terdapat 422.082 orang siswa SD yang tidak naik kelas.

Rochmat menegaskan, budaya tidak naik kelas yang masih diterapkan menunjukkan ketidakonsistenan pendidikan Indonesia. Pada saat bersamaan, pemerintah menghapus Ujian Nasional (UN). Namun di sisi lain, pemerintah tetap menerapkan sistem tidak naik kelas.

Hal ini menunjukkan, pendidikan untuk anak kelas 1-3 tidak memiliki standar yang jelas. Padahal, anak usia 0-9 tahun tidak dapat dipaksa untuk belajar dengan keras. Dalam artian, dipaksa belajar pengetahuan sesuai kurikulum. Anak dengan usia yang masih muda harus diberi kebebasan. Sehingga, kurikulumnya harus alamiah.

Selanjutnya, Rochmat berharap dengan terkuaknya kasus ini, pemerintah akan menetapkan standar khusus untuk pendidikan sekolah dasar (SD) khusus kelas 1-3. Menurut dia, sistem pendidikan untuk anak usia di bawah sembilan tahun harus menggunakan pendekatan yang tidak terlalu formal.

Selain itu, Rochmat berpendapat, masih banyaknya anak yang tidak naik kelas adalah murni karena kesalahan guru. Sebab guru tidak dapat mengenali murid-muridnya dengan baik. Guru mengajar tidak sesuai dengan kondisi anak, sehingga terjadi pemaksaan sistem pendidikan pada anak. Untuk itu, ia mengharapkan, pemerintah harus lebih memperhatikan guru yang mengajar untuk kelas awal, Karena, jika terjadi penyimpangan, tentu akan merusak sistem pendidikan nasional secara keseluruhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s