Guru dan orangtua Tentukan Budaya Baca

Media Indonesia, halaman  11

Peranan guru dan orangtua sangat menentukan dalam membangun kesadaran budaya membaca. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan memberi anak-anak (siswa) kesempatan yang lebih besar untuk terlibat dalam kegiatan membaca rutin. Menurut Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriano, upaya pemerintah melalui Kemendikbud dalam menggerakkan minat baca di sekolah mulai terlihat membuahkan hasil karena sudah direspons positif oleh pihak sekolah.

Ia mengatakan, kebijakan yang dituangkan melalui Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, yakni setiap sekolah wajib menerapkan kegiatan membaca buku 15 menit sebelum memulai pelajaran, mendapat respons positif. Dijelaskan, guru dapat dilatih lebih jauh dalam membangun kesadaran (phonemic), bunyi atau suara (phonics), kelancaran membaca, penguasaan kosakata, dan keterampilan pemahaman teks.

Membaca bermanfaat besar bagi pencapaian keterampilan membaca dan membantu membangkitkan kemampuan kognitif melalui pengembangan kosakata dan pengetahuan umum. Hasil uji Programme for International Student Assessment membuktikan anak-anak yang menjadikan kegiatan membaca sebagai hiburan menunjukkan prestasi akademis yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak menjadikan membaca sebagai sarana hiburan.

Membaca juga mendatangkan manfaat akademis dengan meningkatkan keterampilan emosi, keterampilan sosial, dan membangun kreativitas. Supriano menambahkan, orangtua dan guru terbukti mampu memengaruhi minat anak untuk membaca melalui motivasu dalam bentuk penghargaan, pengakuan, atau insentif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s