Ikapi Jakarta Dorong Minat Baca Anak

Republika, halaman 5

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta ingin menggenjot minat baca anak dengan meluncurkan program ‘Pojok Literasi Anak’, Rabu (12/10), di Kantor Ikapi DKI Jalan Mustika Raya, Rawamangun, Jakarta Timur.

Peluncuran tersebut dilakukan Ketua Ikapi DKI Jakarta Hikmat Kurnia. Turut hadir dalam peluncuran program Pojok Literasi Anak itu antara lain para pengurus Ikapi DKI, anggota dewan pertimbangan, serta sejumlah perwakilan dan pengelola sekolah dasar (SD) dan taman kanak-kanak (TK) di Jakarta.

Ketua Bidang Pengembangan Buku Anak Ummu Masmuah mengatakan, peluncuran program Pojok Literasi Anak ini dimaksudkan untuk mengenalkan dunia penerbitan kepada anak.  Anak-anak yang terbiasa dengna dunia literasi sejak kecil akan mendorong budaya membaca saat ia tumbuh dewasa.

Selain itu, kata Ummu, program ini diharapkan dapat memacu semangat setiap individu untuk menghargai karya literasi, serta memiliki kecintaan terhadap dunia literasi (membaca dan menulis).

Ummu menambahkan, program Pojok Literasi Anak ini memiliki sejumlah acara yang menarik. Di antaranya ada workshop tentang kreativitas dan workshop literasi yang mencakup penulisan buku, pembuatan ilustrasi (gambar), fotografi, penjualan buku murah dengan diskon hingga 70 persen, perpustakaan, permainan edukasi, dan lain sebagainya. Program Pojok Literasi ini berlangsung selama satu bulan, yakni dari 13 Oktober hingga 11 November 2016 setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Secara terpisah, Ditektur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbud, Supriano, mengatakan, guru berperan penting dalam membangun kesadaran budaya membaca anak, terutama di sekolah. Hasil uji Programme for International Student Assessment (PISA) membuktikan bahwa anak-anak yang menjadikan kegiatan membaca sebagai hiburan menunjukkan prestasi akademis yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s