Kurikulum TK dan SD Belum Sinkron

Suara Pembaruan, halaman 17

Staff Ahli Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan, Andreas Tambah mengatakan, kasus ratusan anak SD yang tinggal kelas terjadi karena kurikulum Taman Kanak-Kanak (TK) dan SD belum sinkron.  Andreas mengatakan kurikulum tentang baca, tulis, dan berhitung (calsitung) belum diperkenalkan kepada anak, namun begitu masuk SD, anak telah disodori buku teks yang mengarah kepada calsitung. Target kurikulumnya pun tinggi sehingga guru SD kelas satu cukup repot. Hal serupa juga terjadi di kelas dua. Beban kurikulum semakin tinggi dan anak diharuskan sudah menguasai calsitung. Maka jalan pintasnya adalah penyaringan dengan kenaikan kelas.

Hal senada juga diakatan Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti. Selain beban kurikulum, tingginya angka tidak naik kelas pda siswa sekolah dasar (SD) menunjukan indikasi rendahnya kompetensi gutu SD pada kelas bawah, dalam hal ini kelas 1-3.

Retno menyebutkan, beban kurikulum yang berat terlihat dalam buku teks kelas 1 SD yang sudah mewajibkan anak untuk langsung membaca cerita 2-3 alinea. Wajar jika guru SD akan keteteran mengajajar ketertinggalan kurikulum jika harus mengajari anak membaca dari dasar. Beban kurikulum tak hanya berat bagi siswa, namun juga bagi guru. Kerap kali siswa bisa membaca tetapi tidak memahami apa yang dibacanya. Akibatnya siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang menyertai bacaan tersebut. Guru tak sepenuhnya bersalah, pemerintah dan masyarakat juga harus turut andil dalam hal ini.

Selain itu, Retno juga menduga, banyaknya siswa yang tidak naik kelas turut disebabkan karena masyarakat bangga jika anaknya yang masih berusia di bawah tujuh tahun sudah mampu membaca. Bahkan masyarakat menilai Tk yang tidak mengajarkan calistung dianggap tidak bermutu. Bahkan banyak orangtua siswa menggunakan jasa guru les agar anaknya bisa membaca, meski si anak tidak memahami. Hal ini menyebabkan ada perbedaan kemampuan siswa kelas awal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s