Membaca 15 Menit Efektif Gerakkan Budaya Baca Siswa

www.mediaindonesia.com

Upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menggerakkan minat baca siswa di sekolah berjalan cukup baik dan efektif.\ Pasalnya, kebijakan yang dituangkan melalui Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti yakni setiap sekolah wajib menerapkan kegiatan membaca buku 15 menit sebelum memulai pelajaran mendapat respons positif.

Hal itu dikemukakan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Supriano pada acara diskusi ‘Menumbuhkan Budaya Baca dan Meningkatkan Manajemen Perpustakaan’ yang diselenggarakan ACDP dan USAID Prioritas di Gedung Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Rabu (12/10). Menurut Supriano, pihaknya melihat dan menilai seluruh sekolah yang dikunjungi antusias menjalankan program membaca 15 menit tersebut. Jadi kita berharap dengan pembiasaan ini menjadi budaya baca masyarakat di Tanah Air.

Terkait adanya temuan yang mengacu pada Progress in Internasional Reading Literacy Study (PIRLS) bahwa Indonesia merupakan negara yang dinilai masih rendah dalam uji keterampilan membaca di tingkat internasional, Supriano menyatakan hal tersebut dapat menjadi referensi untuk terus digenjot minat baca warga Indonesia. Namun, ia mengajak masyarakat agar tetap optimistis bahwa minat dan budaya baca masyarakat Indonesia akan terus tumbuh dengan baik.

Guna menggenjot minat baca siswa, Supriano menyontohkan pihaknya telah membentuk sekolah tingkat SMP Rujukan pada tingkat kabupaten dan kota. Dijelaskan, sebanyak 514 SMP Rujukan itu difasilitasi laboratorium komputer yang akan menjadi pusat pembelajaran. Sekolah rujukan ini akan membina sekolah di sekitarnya dan memiliki perpustakaan digital sekaligus memberikan akses minat dan budaya membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s