Kemdikbud Sarankan Guru Tak Pakai LKS dan Buka Les

Indopos, halaman 1

Semakin banyak saja larangan yang dikeluarkan Mendikbud Muhadjir Effendy. Terbaru dirinya melarang para guru menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dan membuka jasa les. Menurutnya pembelajaran harus benar-benar tuntas di kelas atau sekolah.

Pernyataan larangan itu disampaikan Muhadjir usai pembukaan World Culture Forum (WCF) 2016 di Nusa Dua, Bandung, Bali kemarin (3/10). Dia merasa memiliki alasan kuat mengeluarkan larangan itu. Terkait penggunaan LKS misalnya, dia merasa ada hubungan yang bias antara guru dengan penerbit LKS. Muhadjir menyarankan sebaiknya diputuskan saja hubungan dengan penerbit LKS. Para guru seharusnya konsentrasi mengajar saja. Selain itu menurut Muhadjir buku-buku resmi keluaran Kemendikbud jga sudah dilengkapi dengan butir-butir soal. Sehingga sudah bisa menghapus fungsi LKS.

Muhadjir juga mengatakan dengan adanya LKS maka guru sering memberikan PR kepada siswanya. Alih-laih siswa mengejerkan soal itu dirumah, ternyata justru orangtua yang menyelesaikannya. Jadi menurutnya LKS tidak bisa menjadi ukuran belajar siswa di rumah.

Sementara terkait dengan guru yang membuka jasa les, menurut Muhadjir itu tidak benar. Baginya pembelajran materi apapun sebaiknya selesai di kelas. Jika masih ada siswa yang merasa kurang memahami, sebaiknya dipecahkan atau dilakukan pengayaan di kelas. Menurutnya banyaknya guru yang membuka jasa les, tidak sejalan dengan kebijakan larangan memberikan PR. Tujuan melarang memberikan PR supaya anak memiliki waktu berkumpul lebih maksimal dengan orangtuanya. Tidak lagi terbebani dengan PR maupun jam les.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s