Minat Baca Siswa Indonesia Masih Rendah

Koran Sindo, halaman 2

Data dari Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) menyatakan, Indonesia merupakan satu di antara 12 negara dengan nilai yang rendah secara signifikan di bawah standar internasional mengacu pada Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS). Di samping itu, Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa pelajar Indonesia berada tiga tahun tertinggal di belakang rata-rata kemampuan membaca para pelajar di negara-negara yang tergabung dalam Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).

Lebih dari 50% pelajar Indonesia berusia 15 tahun tidak menguasai keterampilan dasar membaca atau matematika. Indonesia bahkan berada di urutan ke-60 dari 61 negara berdasarkan tingkat literasinya, seperti yang disebutkan oleh Connecticut State University Amerika Serikat pada 2016.

Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Supriano mengatakan, salah satu penyebab rendahnya minat dan keterampilan membaca siswa Indonesia adalah jumlah perpustakaan yang terbatas. Berdasarkan Data Pokok Pendidikan tercatat bahwa dari 213.811 sekolah yang ada di Indonesia, 74.552 sekolah belum memiliki perpustakaan.

Supriano mengatakan, meski perpustakaan belum dibangun, Kemendikbud telah menunjuk 514 sekolah rujukan yang difasilitasi laboratorium komputer sebagai pusat pembelajaran. Beberapa sekolah ini akan memiliki perpustakaan digital yang akan membina sekolah sekitarnya. Perpustakaan digital inilah yang diharapkan akan meningkatkan minat dan budaya membaca. Kebijakan nonfisik lainnya, terang Supriano, adalah gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s