Pemerintah Dukung RUU Madrasah dan Ponpes

Republika, halaman 12

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin, mengungkapkan, siap mendukung usulan soal Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren. Sebelumnya usulan RUU ini sempat diinisiasi oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI.

Menag, dalam acara peresmian Pondok Pesantren Baitul Quran, Cirata, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (13/10), mengatakan, pemerintah siap mendukung jika nantinya RUU ini diajukan oleh FPKB untuk akhirnya dibahas di DPR. Bahkan, pemerintah memang memiliki niat untuk mengembangkan madrasah dan pondok pesantren yang selama ini sudah hadir di Indonesia.

Menurut Lukman, madrasah dan pondok pesantren memang menjadi salah satu soko guru dalam peningkatan kualitas keagamaan bangsa Indonesia. Model pendidikan yang dikembangkan oleh madrasah dan pondok pesantren, ujar Menag, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mewujudkan amanat konstitusi.

Cendekiawan Muslim sekaligus guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof KH Didin Hafidudin mendukung RUU tersebut dan berharap jika sudah menjadi Undang-Undang, pemerintah sebaiknya jangan terlalu mengintervensi pesantren. Sebab, pesantren sudah mempunyai ciri khas sendiri, termasuk kurikulum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s