Pendidikan Dinilai Belum Mampu Jawab Tantangan

Koran Sindo, halaman 2

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini dinilai belum mampu menjawab tantangan masa depan. Karena itu, kurikulum dengan metode computational thinking mendesak untuk diterapkan.  Hal itu diungkapkan Head of Student Life Sampoerna University Eddy Henry.

Eddy mengatakan, metode ini tidak hanya mengajarkan siswa belajar memecahkan masalah dengan teknologi, melainkan mengajak siswa berpikir layaknya komputer. ia mengatakan, Sampoerna School System sudah mengimplementasikan metode pendidikan abad ke-21 ini. Pendekatan ini sudah diperkenalkan sejak taman kanak-kanak, sekolah dasar, tingkat pendidikan menengah hingga perguruan tinggi.

Data Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) 2012 mengungkapkan Indonesia ada di ranking 61 untuk membaca, ranking 64 pada kemampuan Matematika dan Ilmu Pengetahuan dari total 65 negara yang dipublikasikan. LaporanWorldMostLiterate Nations malah memosisikan Indonesia di ranking 60 dari 61 negara atau setingkat lebih tinggi dari Botswana.

Direktur Utama Eduspec Indonesia Indra Charismiadji mengatakan, penyesuaian kurikulum yang berdaya saing global harus dilakukan karena perkembangan dunia pendidikan sangat cepat. Dia berpendapat, metode Science, Technology, Engineering and Math (STEM) akan mampu mengejar ketertinggalan pendidikan Indonesia. STEM adalah model pembelajaran populer di dunia yang efektif dalam menerapkan pembelajaran tematik integratif.

Indonesia, lanjutnya, harus menyadari bahwa dunia pendidikan sudah berubah. Sekolah tidak lagi memakai fasilitas papan, kapur, dan buku namun teknologi. Sekolah yang menerapkan computational thinking, ujarnya, akan menjadi barometer bagi sekolah lain dan menjadi pemimpin dalam penerapan pembelajaran abad ke-21.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s