Wapres: Kampus Berperan Naikkan Daya Saing Bangsa

Kompas, halaman 12

Turunnya daya saing bangsa Indonesia dari peringkat ke-37 menjadi ke-41 dari 138 negara di dunia terus menjadi perhatian pemerintah. Kalangan perguruan tinggi atau kampus berperan untuk membantu pemerintah mengupayakan peningkatan daya saing bangsa. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengingatkan, perguruan tinggi merupakan lembaga yang berfungsi untuk mencetak SDM yang berkualitas. Sementara SDM merupakan penentu tinggi rendahnya daya saing bangsa.

Menurut Wapres, kekayaan alam saja tidak cukup membuat sebuah bangsa bisa bersaing dengan bangsa lain. Hal itu juga berlaku bagi Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia akan sulit memenangi kompetisi jika tidak memiliki SDM berkualitas. Menciptakan SDM berkualitas merupakan salah satu tugas perguruan tinggi.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir juga meminta kalangan kampus terus mengembangkan riset dan menciptakan inovasi-inovasi baru. Sebab, turunnya peringkat daya saing Indonesia salah satunya disebabkan turunnya indeks inovasi. Menurut penilaian World Economic Forum, indeks inovasi Indonesia masih sebesar 4,0 dan peringkatnya turun dari ke-30 pada tahun 2015 menjadi peringkat ke-31.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s