Indonesia Berbagi Pengalaman mengenai Pembangunan Pendidikan

www.antaranews.com

Dalam sebuah pertemuan informal antara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia yang diselenggarakan di Dakar, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Senegal, Mansyur Pangeran, berbagi pengalaman mengenai pendidikan di Indonesia dan menegaskan akan arti pentingnya meningkatkan pembangunan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam pertemuan itu juga dihadiri perwakilan dari UNESCO .

Dubes Mansur mengatakan bahwa Konstitusi Indonesia telah mengamanatkan kepada pemerintah untuk terus meningkatkan dan mengembangkan sistem pendidikan nasional dengan menganggarkan anggaran pendidikan sebesar 20% dari total APBN. Dubes RI juga mengakui, Indonesia memiliki tantangan dalam sektor pendidikan nasionalnya. diantaranya kurangnya pemerataan infrastruktur sekolah, khususnya daerah-daerah yang berada di pedalaman Indonesia.

Salah satu program pendidikan di Indonesia yang digagas oleh Presiden Joko Widodos diantaranya mengembangkan sekolah kejuruan guna membantu siswa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Pemerintah Indonesia saat ini, lanjut Dubes, saat ini, selain tengah meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tingginya, namun juga terus meningkatkan kualitas sekolah-sekolah kejuruannya.

Mansyur menambahkan, ada dua program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk tujuh negara di kawasan Afrika, termasuk Senegal, yaitu yaitu Beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Data dari UNDP tahun 2015 untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan, Senegal berada di peringkat 170 dari 188 negara. Selain itu, tingkat buta huruf di Senegal cukup tinggi, yaitu sekitar 56 persen. UNESCO menyimpulkan bahwa kondisi tersebut menyebabkan pemerintah Senegal tidak bisa menerapkan kebijakan pendidikan nasionalnya karena potensi pendidikan di negerinya belum sepenuhnya dieksplorasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s