Kesenjangan Lulusan SMK Masih Terjadi

Kompas, halaman 1

Kesenjangan lulusan SMK masih terjadi antara jumlah lulusan dan kebutuhan masyarakat. Lulusan SMK bidang kelautan dan perikanan tahun 2016, misalnya, hanya 17.249 orang, sedangkan kebutuhan tenaga kerja untuk bidang tersebut mencapai 3.364.297 orang. Kesenjangan lulusan SMK juga terlihat di bidang agribisnis dan agroteknologi. Berdasarkan Data Pokok Pendidikan Oktober 2016, ada kebutuhan tenaga kerja level SMK di bidang tersebut sebanyak 445.319 orang, sedangkan lulusan SMK yang tersedia hanya 53.319 orang.

Peluang kebutuhan tenaga kerja di bidang pariwisata tercatat 707.600 orang, tetapi pada 2016 jumlah lulusan SMK di bidang ini hanya 82.171 orang. Sebaliknya, jumlah lulusan SMK bidang bisnis dan manajemen membeludak. Peluang kebutuhan tenaga kerja bagi bidang ini hanya 119.255 orang, sedangkan lulusan yang dihasilkannya 348.954 orang.

Praktisi pendidikan E. Baskoro Poedjinoegroho mengatakan, perkembangan SMK yang tanpa arah itu bisa terjadi karena bangsa Indonesia cenderung ingin secepat mungkin menjawa masalah-masalah teknis semata. Ia mencontohkan, Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Inpres ini dinilainya semata-mata agar anak muda tidak menganggur dan Indonesia memiliki daya saing. Seharusnya pemerintah menemukan hal mendasar yang melatarbelakangi upaya memunculkan SMK untuk negeri ini.

Satryo Soemantri Brodjonegoro, Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia mengatakan, kepuasan perusahaan mempekerjakan lulusa SMK semakin membaik dibandingkan dengan delapan tahun yang lalu. Namun, pengembangan SMK mutlak dilakukan agar lulusannya dapat memenuhi dinamika di dunia usaha dan pembangunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Februari 2015, tingkat pengangguran di kalangan SMK tertinggi dibandingkan dengan tingkat pengangguran di kalangan lulusan jenjang pendidikan lain. Tingkat pengangguran di antara lulusan SMK mencapai 9,05 persen. Ada 1,2 juta lulusan SMK menganggur pada periode itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s