Nasib 9.721 Guru Honorer di NTB Mengambang

www.okezone.com

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) H Ali Rahim mengatakan nasib 9.721 guru honorer yang mengabdi di SMA/SMK masih mengambang karena belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Provinsi NTB apakah akan ditarik menjadi guru honorer Pemerintah Provinsi NTB atau tidak.

Sebanyak 9.721 guru honorer tersebut terdiri atas, 4.733 guru honorer yang mengajar di SMA, dan SMK sebanyak 4.988 orang. Seluruhnya tersebar di sekolah negeri dan swasta di 10 kabupaten/kota di NTB.   Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, seluruh guru pegawai negeri sipil (PNS) di SMA/SMK yang sebelumnya berada di bawah pemerintah kabupaten/kota ditarik menjadi PNS pemerintah provinsi mulai tahun 2017.

Namun, di dalam UU tersebut tidak mengatur tentang nasib tenaga guru berstatus non-PNS. Untuk itu, Ali Rahim menginginkan agar Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, membuat surat keputusan (SK) pengangkatan seluruh guru honorer yang sudah lama mengabdi untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan dalam proses belajar-mengajar. Menurut Ali Rahim, peran guru honorer sangat luar biasa. Jumlah guru PNS SMA/SMK di NTB, sebanyak 5.676 orang tidak mencukupi untuk mengajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga NTB H Muhammad Suruji, menegaskan nasib para guru honorer tidak ada masalah. Semuanya akan pindah secara otomatis menjadi guru honorer Pemerintah Provinsi NTB mulai Januari 2017. Terkait dengan keinginan PGRI NTB agar seluruh honorer diberikan SK pengangkatan sebagai honorer Pemerintah Provinsi NTB, Suruji tidak sependapat. Sebab, hal itu melanggar PP Nomor 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s