Program 5.000 Doktor Ditargetkan Tuntas 2024

Republika, halaman 12

Program beasiswa untuk 5.000 calon doktor bagi pendidik dan dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ditargetkan selesai 2024. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama (Kemenag), Prof Dr. Amsal Bahtiar mengatakan, setiap tahun programnya berjalan. Tahun ini pun sudah banyak yang daftar. Diharapkan, dengan semakin banyaknya doktor di Indonesia, maka pelayanan akan semakin meningkat. Kualitas dosen pun semakin tinggi.

Amsal menerangkan, dengan semakin banyaknya doktor di Indonesia, maka akan berdampak baik pada dunia pendidikan. Pengaruhnya besar terhadap akreditasi prodi dan institusinya. Program 5.000 doktor Dirjen Pendidikan Islam, dikatakan Prof Dr. Amsal, ditargetkan selesai pada 2024 paling lambat 2025. Menurutnya, setiap tahun ada 600 sampai 700 peserta program 5.000 doktor.

sementara, Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Drs. Imam Safe’i mengatakan, peminat program 5.000 doktor di dalam negeri sangat banyak. Meski kuota untuk peserta di dalam negeri 750 orang, tahun ini baru bisa sampai 527 orang. Sebab, anggarannya terbatas. Namun jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang jumlahnya sekitar 452 orang. Diharapkan program 5.000 doktor dapat meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s