Indonesia Tekankan Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan di Forum OKI

www.thejakartapost.com

Indonesia meminta dunia Islam untuk memberdayakan perempuan melalui pendidikan dan  menekankan bahwa  tersedianya akses pendidikan bagi perempuan merupakan pemenuhan hak dasar mereka. Berbicara dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-43 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Tashkent, Uzbekistan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi Sangat menyayangkan bahwa di abad ke-21 ini masih banyak perempuan yang belum memperoleh akses pendidikan. Untuk itu, Indonesia siap untuk memberikan kontribusi guna memastikan perempuan mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan.

Retno mengatakan, perempuan merupakan agen perubahan penting dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada hari ini di dunia Islam, termasuk dalam menanggulangi terorisme, radikalisme dan ekstrimisme. Perempuan sebagai pendidik utama anak-anak memiliki kemampuan utk mendorong dan memperkuat nilai-nilai toleran dan budaya damai kepada masyarakat Islam.

Menteri Retno Marsudi menekankan pentingnya bagi negara-negara anggota OKI untuk mewujudkan komitmennya menjadi sebuah program konkret yang menjamin perempuan dapat memiliki akses terhadap pendidikan serta meningkatkan komitmen mereka dalam menyediakan dana bagi pendidikan.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa negara-negara Islam anggota OKI harus memastikan bahwa prinsip pendidikan untuk semua bisa menjadi bagian dari kebijakan nasional mereka dan memastikan tercukupinya dana bagi pendidikan di negara mereka. Karena, pendidikan telah menjadi isu prioritas sejak awal berdirinya OKI. Kerja sama pendidikan, sains, teknologi, inovasi, pemberdayaan dan pemajuan peran wanita merupakan bagian kunci dari Program Aksi OKI 2025.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s