Pelanggaran Lalu Lintas Di Kalangan Pelajar Jakarta Mengalami Peningkatan

www.tempo.co

Jumlah pelanggaran lalu lintas oleh pelajar di Jakarta antara Januari sampai dengan September mencapai 25.868 kasus atau naik 46,65% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Ajun Komisaris Besar Budiyanto, Kepala Sub-Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro, mengatakan bahwa peningkatan yang terjadi pada  pelanggaran lalu lintas dapat dikaitkan dengan kurangnya pengawasan orangtua. Orang tua sering membiarkan anak-anak mereka untuk mengemudi kendaraan meskipun mereka tidak memiliki SIM.

Kepolisian Polda Metro Jaya merilis data pelanggaran lalu lintas yang terjadi selama bulan Januari – September pada Kamis lalu. Data menunjukan terjadinya lonjakan sebanyak 38.58% pada pelanggaran lalu lintas dari tahun ke tahun, dari sebanyak 716.166 ke 978.151 kasus.

Budiyanto menambahkan bahwa banyak pelajar yang mengetahui tindakan tersebut melanggar peraturan lalu lintas namun mereka menemukan banyak celah sehingga tetap bisa mengendarai motor ke sekolah. Selain itu, kurangnya pemantauan dari pihak sekolah dan banyak berkembangnya parkir liar di sekitar sekolah telah memberikan kontribusi terhadap meningkatnya pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar. Untuk mengantisipasi lonjakan pelanggaran lalu lintas pada kalangan pelajar lebih lanjut lagi, polisi berencana untuk mengadakan pendidikan keselamatan berkendara di sekolah.

Wakil kepala sekolah SMAN 78 Jakarta, Zainuddin mengatakan, pihak sekolah memungkinkan siswa yang memiliki SIM untuk membawa sepeda motor atau mobilnya. Menurutnya, siswa yang sudah memiliki SIM dianggap emosinya cukup stabil dalam mengemudikan kendaraan.

Namun, beberapa siswa sering mengendarai motor ke sekolah meskipun tidak memiliki SIM. Fauzan Fachrul Rozzu Insani, misalnya, mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki SIM sejak dirinya masih berusia 16 tahun. Fauzi mengatakan, banyak siswa lain yang membawa kendaraan ke sekolah namun tidak memiliki SIM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s