Pendidikan Masih Jadi Masalah Utama Bagi Papua

Suara Pembaruan, halaman 16

Selama lebih dari satu dekade, Indonesia telah mencoba memperbaiki sistem pendidikannya dengan mengalokasikan  20% dari APBN untuk pendidikan. Terdapat 62 juta siswa dan 3,5 juta guru dan dosen. Sayangnya, angka fantastis itu gagal menjamin distribusi dan kualitas yang merata di seluruh nusantara. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada  tahun ajaran 2013/2104, terdapat 117.529 siswa sekolah dasar dan 39.529 siswa SMA di Provinsi Papua Barat. Sementara di Provinsi Papua, terdapat 336.644 siwa SD dan 94.897 siswa SMA. Sayangnya, fakta yang ada di lapangan jauh dari sekadar angka.

Kondisi ekonomi, budaya, dan aksesibilitas geografis menjadi batasan bagi banyak anak-anak di wilayah tersebut. Masih banyak masyarakat yang belum peduli dengan pentingnya pendidikan untuk anak-anak. Atau mengalami kesulitan ekonomi sehingga tak mampu menyekolahkan. Data BPS pun menyebutkan, Papua Barat dan Papua memiliki nilai paling rendah dalam laporan Human Development Index (HDI) 2010-2015.

Meski begitu, secercah harapan kerap muncul di tengah situasi yang sulit. Di daerah pegunungan Mamit, Tolikara, SD Lentera Harapan masih berdiri untuk menyediakan pendidikan berkualitas dan gratis untuk warga lokal. Dengan bantuan dari misionaris dan relawan dari Mission Aviation Fellowship (MAF), para siswa di wilayah itu mulai mendapatkan pendidikan formal dan informal. Sekolah Lentera Harapan secara perlahan mengajari warga Mamit soal pendidikan dan kebersihan. Mulai dari penggunaan toilet hingga mencuci tangan sebelum makan.

Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta seperti ini dibutuhkan untuk membangun akses pendidikan di kawasan pedalaman Papua dan Papua Barat. Rakyat yang berhasil mendapatkan pendidikan layak harus kembali ke kampung halamannya dan berbagi pengetahuan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s