Ujian Nasional Dikaji Ulang

Media Indonesia, halaman 13

Pemerintah kini tengah mengkaji kembali pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Hal tersebut dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Gedung Parlemen Jakarta, kemarin.

Mendikbud mengatakan, untuk UN, pihaknya akan melakukan kajian internal. Pelaksanaan UN dikaji ulang karena saat ini UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Kemendikbud akan melihat manfaatnya karena keterbatasan anggaran. Pada 2016, besarnya anggaran untuk mengadakan dan mendistribusikan naskah UN diprediksikan mencapai Rp94 miliar. Selain itu, pemerintah juga harus menyelenggarakan UN perbaikan bagi siswa yang ingin memperbaiki nilai mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi X DPR menyetujui pagu anggaran Kemendikbud pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 sebesar Rp39,823 triliun. Jumlah tersebut sama persis dengan anggaran yang disampaikan Kemendikbud.

I Wayan Koster, salah satu anggota Komisi X DPR mengatakan bahwa sejumlah kementerian terjadi pengurangan anggaran. Tetapi, khusus untuk pendidikan karena menjaga konstitusi, Banggar DPR memutuskan Kemendikbud tidak mengalami pengurangan anggaran serupiah pun.

Di sisi lain, Komisi X DPR menilai Program Indonesia Pintar (PIP) untuk luar sekolah atau non-siswa tidak realistis karena sulit mengajak anak untuk kembali sekolah. Koster memprediksikan praktik yang terjadi dilapangan akan tidak mudah dilakukan. Apalagi basis data yang digunakan yang digunakan berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang berbeda dengan laporan yang ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Oleh karena itu, Koster meminta pemerintah menghitung ulang agar realistis guna dapat diketahui berapa besaran sasarannya. Senada dengan Koster, anggota komisi X DPR lain Laila Istiana juga mempertanyakan penerima PIP untuk non-siswa dan memepermasalahkan hal yang sama yaitu sulitnya mendapatkan calon penerima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s