Ekonom World Bank: Generasi Muda Merupakan Kunci untuk Mengakhiri Kemiskinan

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Masyarakat, khususnya generasi muda, adalah kunci dalam mengatasi kemiskinan di Indonesia, hal itu disampaikan Ekonom Bank Dunia dalam Program Kemeiskinan Indonesia pada Senin (17/10) lalu. Menurut Vivi Alatas, 62 juta masyarakat Indonesia saat ini hidup dalam keadaan rentan terhadap kemiskinan, diperburuk dengan kesulitan dalam mengakses informasi, kondisi struktural dan kurangnya motivasi.

Masyarakat miskin kesulitan dalam mengakses  informasi serta pendidikan, Vivi mengatakan, sehingga menyulitkan mereka dalam mengambil keputusan yang cerdas dan informasi yang informative tentang keuangan.

Vivi mengatakan, dengan pendidikan yang lebih baik, generasi muda dapat mengakhiri kemiskinan di Indonesia, sekaligus juga menyebarkan informasi baik ke teman maupun keluarga melalui media sosial. Meskipun pemerintah memiliki anggaran untuk mensosialisasikan program ini, generasi muda lebih memiliki pengetahuan untuk membuat program ini lebih banyak diketahui, yakni dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh para generasi muda.

Vivi mengatakan 26% dari penduduk Indonesia berusia antara 15 tahun hingga 24 tahun saat ini tidak belajar, bekerja, ataupun mencari pekerjaan. Dirinya menjelaskan bahwa kurangnya motivasi diri menjadikan perhatian utama, ditambah lagi dengan masalah struktural, seperti biaya yang tinggi dan infrastrukutr yang buruk, yang menjadinya semakin mengekalkan siklus kemiskinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s