Menagih Tuah Kartu Indonesia Pintar

Republika, halaman 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi lembaga terdepan dalam mewujudkan janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Adanya pergantian mendikbud, program KIP tetap menjadi prioritas.

Pemerintah beberapa kali mencanangkan target penyaluran seluruh KIP, tapi meleset. Data Kemendikbud hingga 28 September 2016, sebanyak 17.067.951 (95,2 persen) dari total target 17,9 juta KIP  telah diterima rumah tanggaa sasaran (RTS), namun sebanyak 765.193 (4,3 persen) kartu masih dalam proses pengiriman dan 94.164 (0,5 persen) dikembalikan penerima.

Mendikbud Muhadjir yang menargetkan distribusi KIP tuntas pada 31 Agustus 2016 kemudian merevisi target dengan meminta semua distribusi KIP akan dihentikan pada akhir September. Setelah September, KIP akan didistribusikan dengan cara baru.

Muhadjir akan mengubah mekanisme penyaluran KIP per Oktober 2016, yaitu dengan menyalurkan KIP secara langsung ke sekolah-sekolah berdasarkan  berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik). Hal itu itu ditujukan untuk mempersingkat mata rantai penyaluran KIP yang selama ini cukup panjang. Sehingga, penyaluran KIP secara langsung tersebut dapat membantu anak-anak yang belum bersekolah dan terancam putus sekolah karena tidak memiliki biaya.

Sementara, berdasarkan  Dapodik , penerima KIP yang sudah mendaftarkan kartunya ke sekolah/lembaga pendidikan sebanyak 10.793.830 siswa. Agar bantuan untuk pelajar kurang mampu dapat tepat sasaran, Kemendikbud lantas memperpanjang batas waktu pendaftaran KIP ke Dapodik hingga akhir Desember 2016, yang tertuang dalam Surat Edaran bernomor 19/D/SE/2016.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar, Yanti Yulianti, ingin memanfaatkan kuota sejumlah KIP yang tersisa dan mengusulkan penambahan penerima manfaat KIP. Ia mencatat setidaknya ada delapan kelompok yang masuk sebagai penerima manfaat KIP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s