Pencairan Dana KIP Belum Tuntas

Suara Pembaruan, halaman 17

Hingga saat ini, pencairan Kartu Indonesia Pintar (KIP) berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih belum tuntas. Tercatat yang sudah disalurkan ada 11.192.770 siswa. Sedangkan yang dicairkan baru 4.555.456 siswa atau sekitar 40,7%. Sedangkan target pemerintah KIP tuntas didistribusikan pada November dan tuntas dicairkan pada Desember tahun ini. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad mengatakan, masalah ini karena dipicu beberapa faktor, di antaranya adalah jangkauan dan kuota pencairan per hari dari bank yang dipercaya. Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan surat kepada kepala sekolah dan pihak perbankan untuk mempercepat pencairan tersebut.

Perlunya adanya koordinasi dengan semua pihak terkait, menurut Hamid, karena KIP disalurkan ke desa bukan langsung ke sekolah. Maka untuk wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T), masih banyak anak yang belum menerima KIP. Hal ini terjadi karena jarak antara sekolah dengan bank jauh.

Selanjutnya, Hamid pun meminta bank penyalur untuk melakukan layanan jemput bola dengan cara mengirimkan armadanya ke daerah yang sulit dijangkau. Misalnya, dengan mengirim layanan bis atau bahkan speedboat untuk menjangkau kawasan kepulauan.

Lebih lanjut, Hamid menuturkan, jika KIP masih belum tuntas penyalurannya, tidak tertutup kemungkinan pada 2017, akan ada penambahan bank penyalur melalui konsorsium. Dalam hal ini, akan dilibatkan juga bank daerah sehingga mampu menjangkau semua daerah terpencil. Demikian halnya dengan anggaran KIP, dananya tidak akan dikembalikan ke kas negara. Pasalnya, dana tersebut telah dialokasikan untuk KIP, sehingga hanya terjadi penundaan pencairan hingga tahun mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s