SMK Rujukan Percepat Perbaikan

Kompas, halaman 11

Pemerintah berupaya mempercepat peningkatan kualitas siswa SMK dengan membentuk 1.650 SMK Rujukan. Sekolah-sekolah ini disiapkan untuk dapat mengeluarkan sendiri sertifikat keahlian kompetensi bagi siswa dan lulusannya. Direktur Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mustaghfirin Amin mengatakan, SMK Rujukan fokus pada empat bidang unggulan pemerintah, yakni kelautan dan perikanan, pertanian, pariwisata, serta industri kreatif.

Dengan melibatkan SMK Rujukan, sekolah lain bisa meniru SMK yang baik. Masyarakat juga dapat memilih sekolah yang berkualitas. SMK Rujukan wajib mendampingi dua SMK di sekitarnya.

Ia menjelaskan, SMK Rujukan mesti mampu memberikan lisensi sertifikasi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Jadi, kompetensi keahlian siswa bukan diakui sekolahnya, tetapi oleh industri dan asosiasi. Sekarang ada 300 SMK Rujukan yang memiliki lisensi memberikan sertifikat kompetensi. Tahun 2016, jumlahnya ditargetkan bertambah menjadi 750 SMK Rujukan. Baru pada tahun depan, semua SMK Rujukan direncanakan bisa memberikan sertifikat kompetensi.

Marlock, Koordinator Forum Peduli Pendidikan dan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia, menilai, penetapan sekolah yang menjadi SMK Rujukan sebaiknya tidak berdasarkan jumlah siswa, tetapi berdasarkan mutu pembelajaran dan kerja sama industri. SMK ini harus siap dengan proposal pengembangan usaha. Bahkan, SMK harus siap menjadi pusat perakitan barang elektronik rumah tangga, perkantoran, dan industri. Jika memungkinkan, SMK menjadi pusat perakitan sepeda motor dan mobil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s