Universitas Lampung Gelar International Wildlife Symposium

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Universitas Lampung (Unila) menggelar sebuah simposium internasional di Bandar Lampung, dalam upaya untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati Indonesia dari penurunan jumlah habitat dan perdagangan satwa liar. Acara International Wildlife Symposium (IWS) 2016 yang digelar selama 2 hari itu dimulai pada Selasa (18/10) dengan mengangkat tema “Konservasi Kehidupan Liar untuk Mendukung Ekonomi dan Mata Pencaharian yang Berkelanjutan,”

Acara yang bertujuan untuk menjadi platform pendidikan untuk berbagi ide dan temuan dari hasil penelitian konservasi tersebut dihadiri oleh para peneliti di bidang kehidupan liar dan ekologis dari seluruh dunia serta para praktisi konservasi, dosen dan mahasiswa.

Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin, berharap bahwa simposium tersebut akan membantu meningkatkan fokus dan pemahaman serta langkah-langkah untuk melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia, terutama di Sumatera. Ia mengatakan, acara tersebut adalah ajang interaksi antara para peneliti – baik peneliti di laboratorium ataupun di lapangan – para konservasionis, masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unila, Warsono berharap bahwa simposium tersebut akan menjadi platform bagi para peneliti, tidak hanya dari Sumatera, tetapi dari seluruh Indonesia bahkan dunia, untuk memotivasi para penggiat konservasi serta mendorong munculnya para peneliti muda.

Sementara itu, ekologis dari World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, Sunarto, yang merupakan salah satu pembicara pada simposium tersebut mengatakan, sangat penting memiliki generasi penerus yang akan membantu mengungkap kekayaan ekologi di Tanah Air. WWF Indonesia sepenuhnya mendukung ajang tersebut karena  pihaknya ingin mendorong regenerasi para penggiat konservasi di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s