Kembangkan Vokasi, RI Minta Bantuan Jerman

Jawa Pos, halaman 20

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meminta bantuan pemerintah Jerman untuk mencukupi kebutuhan instruktur pelatihan bidang maritim, industri, dan pariwisata. Pemerintah juga meminta perusahaan Jerman di Indonesia terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi. Terutama dalam pengembangan kompetensi sesuai kebutuhan industri, pengakuan standar kompetensi, dan sertifikasi profesi, pemagangan di perusahaan Jerman, serta penempatan lulusan pelatihan dari Balai Latihan Kerja (BLK).

Pemerintah juga mengharapkan bantuan kerja sama riset praktis. Yakni dengan cara menyinergikan pemerintah, industri, dan perguruan tinggi. Tujuannya, menghasilkan profit tenaga kerja terlatih yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri serta perubahan karakter pekerjaan di masa mendatang. Menaker Hanif Dhakiri mengatakan, keberhasilan pelatihan vokasi di Jerman menjadi salah satu rujukan dalam mengembangkan pelatihan vokasi.

Permintaan bantuan tersebut merupakan tindak lanjut minimnya pekerja Indonesia saat ini. Angkatan kerja sekarang didominasi lulusan SD dan SMP (62 persen). Pemerintah meyakini pelatihan kerja (vokasi) bisa menjadi terobosan untuk meningkatkan relevansi produksi SDM dengan kebutuhan industri. Di samping itu, untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja di pasar global.

Hanif mengatakan, permintaan bantuan ke pemerintah Jerman menindaklanjuti pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Jerman Joachim Gauck serta Kanselir Jerman Angela Merkel beberapa waktu lalu. Hanif kemudian bertemua dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja Jerman Yasmin Feheemi di Berlin. Menurut Hanif, Jerman layak dijadikan model dalam pelibatan industri dan sektor swasta untuk mendukung produksi SDM yang kompatibel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s