Kemenag Pelajari Kurikulum Kultural

Republika, halaman 12

Kementerian Agama  (Kemenag) menunjukkan keseriusannya mempelajari kurikulum kultural yang akan segera diterapkan Pemkab Purwakarta, Jawa Barat. Melalui kurikulum tersebut, para siswa SMP yang beragama Islam di kabupaten ini akan mendapat pelajaran mengaji kitab kuning .

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengutus staf ahlinya untuk mengunjungi Purwakarta, Rabu, guna mempelajari sistem dan metodologi kebijakan yang baru-baru ini digagas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tentang kurikulum kultural.

Seorang staf ahli Menteri Agama, Hadi Rahman, mengaku telah diberi perintah secara langsung oleh Menteri Agama untuk menemui Dedi Mulyadi. Ia menyatakan, ada dua hal yang harus dipelajari di Purwakarta, yakni sistem antar-jemput jemaah haji serta mempelajari sistem membaca kitab kuning bagi pelajar muslim dan mempelajari kitab masing-masing bagi pelajar nonmuslim.

Selain sistem antar jemput para jemaah haji, Hadi juga menyatakan kalau Menteri Agama tertarik pada konsep subsidi jamaah haji yang diterapkan Pemkab Purwakarta. Terkait dengan kebijakan membaca kitab kuning dan kitab lain sesuai dengan ajaran agama para pelajar. Hadi menyebutkan kalau Menteri Agama akan segera membuat lokakarya nasional, untuk tindaklanjut teknis kebijakan tersebut di tingkat kementerian.  Menurut dia, Menteri Agama menilai selama ini pembelajaran agama di sekolah terlalu bersifat normatif. Jadi perlu didorong pembelajaran kultur agama yang termaktub di dalam kitab kuning.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan, penerapan kurikulum kultural tersebut bertujuan untuk membentuk pemahaman agama secara komprehensif bagi pelajar. Kurikulum tersebut akan direalisasikan pada Desember 2016, Tenaga pengajarnya akan diseleksi tim dari pemkab dan Forum Lintas Agama. Pemkab Purwakarta akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 10 miliar untuk memenuhi honor 582 tenaga pengajar agama dari berbagai agama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s