Pemerintah Siapkan Aturan Tambahan Pelaksanaan Hukuman bagi Pelaku Kejahatan Seksual Anak

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan tiga aturan tambahan untuk pelaksanaan hukuman yang lebih berat bagi pelaku kejatahan seksual anak. Dalam aturan itu diperbolehkan hukuman kebiri kimia dengan memberikan suntikan hormon perempuan kepada laki-laki pelaku kejahatan seksual anak.

Dalam aturan itu juga diperbolehkan penggunaan alat pelacak elektronik kecil (chip) yang akan dipasang di tubuh pelaku kekerasan seksual anak setelah mereka bebas dari penjara.

Menteri Yohana, Kamis (20/10), mengatakan, prosedur pelaksanaan hukuman tambahan ini akan diatur dalam dua peraturan pemerintah (PP). Dia mengatakan, beberapa kementerian terkait lainnya sedang mempersiapkan PP tersebut, serta aturan lainnya terkait rehabilitasi sosial bagi para pelakunya.

Dalam aturan tambahan itu juga memungkinkan pemberian hukuman mati dan penjara seumur hidup bagi pelaku kejahatan seksual anak. Mereka juga bisa mendapat hukuman 20 tahun penjara, lima tahun lebih lama dari yang ditetapkan dalam peraturan sebelumnya, yaitu Undang-Undang tentang Perlindungan Anak.

Upaya pemerintah memperjuangkan peraturan itu dimaksudkan untuk  menghalangi dan menekan pelaku untuk melakukan kejahatan luar biasa tersebut. Di tengah protes dari para aktivis hak asasi manusia, DPR menyetujui pengesahan peraturan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s