Rehabilitasi 152 Ribu Sekolah Rusak Jadi Prioritas

Koran Sindo, halaman 5

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy secara khusus dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjelaskan berbagai langkah dan program percepatan di sektor pendidikan. Salah satu program yang jadi prioritas adalah rencana rehabilitasi 152 ribu sekolah rusak berat dan rusak fatal/total.

Sedangkan yang rusak sedang dan ringan, lanjut Muhadjir, akan dilakukan pada tahap berikutnya. Ia mengatakan sekolah yang rusak fatal dan rusak berat akan dinaikkan langsung menjadi berstatus standar pelayanan minimum (SPM) sekolah. Perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap dalam tiga tahun kalau kemendikbud mendapat anggaran yang tetap. Setelah 152 sekolah rusak fatal itu diperbaiki, pemerintah baru akan menangani yang lain.

Terkait pendanaan, Muhadjir melaporkan ke Presiden Jokowi bahwa ia akan melakukan perampingan di beberapa subsektor Kemendikbud yang dialih fungsikan ke pendanaan program-program prioritas, terutama perjalanan dinas dan kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Dengan perampingan itu, lanjut Muhadjir, program-program prioritas termasuk infrastruktrur sekolah dapat dibenahi.

Muhadjir menambahkan, perampingan yang dilakukan itu diperkirakan lebih dari Rp 5 triliun dari anggaran sebelumnya Rp 39 triliun. Presiden Jokowi menekankan agar pengelolaan anggaran pendidikan dirombak total.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s