Aturan Guru Harus Jelas

Media Indonesia, halaman 9

Rencana pemerintah menerapkan kebijakan guru berad di sekolah minimal 8 jam sehari dinilai harus jelas, yaitu di dalam aturan tersebut nantinya dapat secara rinci memuat hak dan kewajiban guru. Hal itu diungkapkan Plt Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi, kemarin, (23/10).

Unifah mengatakan, tugas guru tidak hanya mengajar, tapi mulai dari merencanakan hingga mengevaluasi. Hal-hal seperti itu juga harus dipertimbangkan dan diatur secara jelas.

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata, kemarin (23/10) mengatakan, dalam Undang-Undang No 14/2005 tentang guru menyebutkan bahwa beban kerja guru adalah minimal 24 jam dan maksimal 40 jam. Sehingga, lanjut Pranata, dengan adanya aturan baru tersebut, guru tidak perlu pergi ke sekolah lain untuk mengejar jam mengajar 24 jam, tetapi cukup di sekolah tempat mengajarnya.

Menurut Pranata, aturan 8 jam per hari tersebut sangat cocok unutk pelaksanaan revolusi mental sesuai Nawa Cita yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo. Saat ini, lanjut Pranata, pihaknya sedang merinci apa saja kegiatan yang akan dilakukan para guru di sekolah, khususnya untuk pendidikan karakter. Nantinya, hal itu dipastikan secara jelas termaktub dalam aturan baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s