Perusahaan Dukung Peningkatan Kualitas SMK

Kompas, halaman 12, Sabtu, 12 Oct

Upaya peningkatan mutu SMK agar dapat menyediakan lulusan yang  siap kerja harus menjadi perhatian dunia usaha dan industri. Kemitraan dengan sekolah perlu terus digalang oleh perusahaan agar ada keselarasan antara pendidikan SMK dan dunia usaha ataupun industri. Pembina Yayasan SMK Al-Mufti, Subang, Jawa Barat, M Warso, mengatakan, pendekatan kepada industri memerlukan waktu yang lama hingga bisa menemukan peluang bekerja sama. Ruang pembelajaran untuk program teknik komputer jaringan harus disesuaikan dengan standar yang diminta perusahaan.

Perusahaan yang bermitra memberikan dukungan untuk penyelarasan kurikulum hingga instruktur untuk praktik. Para guru juga dilatih. Nanti para siswa akan mendapatkan sertifikasi hingga mendapat persetujuan untuk merakit laptop. Sekolah ini juga digandeng sebuah perusahaan sepeda motor. Instruktur dari perusahaan dikirimkan ke sekolah untuk membantu proses pembelajaran nyata layaknya saat bekerja di perusahaan.

Di SMK Negeri 2 Subang, ada tiga gedung yang didesain layaknya industri untuk membuat siswa merasakan langsung mengerjakan prakitan kabel bagi sepeda motor/kelistrikan. Perusahaan menyuplai berbagai kebutuhan produksi yang harus dirakit siswa dengan standar siap pakai. Ada pula perusahaan yang memercayakan  siswa terlibat dalam produksi komponen wiper mobil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s