Dana BOS Disalurkan Awal November

Jawa Pos, halaman 26

Dinas Pendidikan (Dispendik) SKI memerintahkan seluruh sekolah mengusulkan nota pencairan dana (NPD) bantuan operasional sekolah (BOS) tahap IV tahun anggaran 2016 pada akhir bulan ini. Penyampaian NPD itu dilakukan berjenjang. Yakni, sekolah menyampaikan ke tim manajemen BOS tingkat kota. Kemudian, manajemen BOS kota mengusulkan ke bendahara dispendik.

Dana Bos disalurkan ke sekolah setiap satu triwulan. Melalui Pusat Perencanaan Pengendalian Pembiayaan Pendidikan Personal dan Operasional (P6O) Dispendik DKI, setiap sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA. Dalam prosesnya, dan BOS triwulan pertama sampai ketiga disalurkan meski ada beberapa kendala. Sekolah pada akhir tahun tinggal menunggu pencairan dana BOS yang direncanakan diterima mulai awal November.

Kasubbag Tata Usaha P60 Dispendik DKI Suharso mengungkapkan, sekolah harus memberikan surat pertanggungjawaban (SPj) penggunaan triwulan sebelumnya sebagai syarat mendapatkan dana BOS pada triwulan berikutnya. Sekolah juga perlu mengusulkan pencairan dana pada triwulan keempat. Setelah NPD terkumpul, hasilnya direkapitulasi pusat data dan sistem informasi pendidikan (PDSIP).

Menurut dia, total dana BOS yang diterima sekolah bergantung pada jumlah siswa. Untuk SD, jumlah siswa dikalikan Rp 200 ribu, SMP (Rp 250 ribu), serta SMA dan SMK (Rp 350 ribu). Dengan adanya dana BOS, sekolah diharapkan tidak menerima bantuan pendanaan dari pihak mana pun. Sumber pendanaan operasional sekolah murni berasal dari dana BOS yang dikeluarkan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s