Kemenkominfo Majukan Desa Terpencil dengan Melek Digital

www.tempo.co

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan 200 desa yang berlokasi di pelosok dan pedalaman Indonesia melek digital untuk mendukung pemerataan gerakan ekonomi digital.

Sammy Pangirapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkoinfo dalam pembukaan “Hackathon Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital” di Yogyakarta, Minggu kemarin (23/10) mengatakan gerakan ekonomi digital juga harus masuk ke pedesan sehingga pada 2017, targetkan 200 desa melek digital bisa dijadikan sebagai percontohan.

Menurut Sammy, program edukasi digital di tingkat pedesaan akan digarap bersama sejumlah kementerian dalam lembaga lain, seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat. Program itu diprioritaskan untuk desa-desa di pelosok dan perbatasan yang jauh dari akses teknologi informasi (TI).

Untuk merealisasikan 200 desa melek digital, Sammy mengatakan Kemenkoinfo akan berkontribusi memberikan pelatihan mengenai tata cara pengoprasian teknologi digital, di samping memfasilitasi pengadaan infrastruktur telekomunikasi yang disebut dengan proyek ‘Palapa Ring’. Apabila proyek Palapa Ring sudah selesai, tentunya masyarakat harus tahu bagaimana pemanfaatannya sehingga tidak akan membuang sia sia sumber dayanya.

Dirinya menambahkan  masyarakat pedesaan juga harus merasakan keuntungan dalam bisnis berbasis digital atau e-commerce. Dengan cara seperti itu, Sammy mengatakan masyrakat pedesaan memiliki peluang besar dalam memperluas produk mereka. Dengan bisnis berbasis digital, masyarakat pedesaan dapat memasarkan berbagai hasil pertanian ke kota secara langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s