Kinerja Kemendikbud Dinilai Membaik

Koran Sindo, halaman 16

Hasil survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) melaporkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berada di posisi ketiga dengan hasil survei 5,5 persen sebagai kementerian yang dinilai paling baik kinerjanya. Hasil penilaian tersebut dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan 23 persen, dan Kementerian Agama (Kemenag) dengan 8,4 persen.

Sementera itu, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan, selama dua tahun ini, pembangunan pendidikan telah berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 0,75 poin dari 68,8 pada 2014 memjadi 69,55 pada 2015 dengan indeks pendidikan meningkat sebesar 0,82 poin dari 60,18 menjadi 61,00 di 2015.

Muhadjir menjelaskan, peningkatan IPM tersebut disebabkan peningkatan rata-rata lama sekolah dan penduduk usia 25+ dari 7,73 tahun menjadi 7,83 tahun. Selain itu, peningkatan harapan lama sekolah juga meningkat dari semula 12,39 tahun menjadi 12,55 tahun.

Muhadjir menambahkan, kemendikbud terus meningkatkan capaian pada program-program prioritas di bidang pendidikan dan kebudayaan guna meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan. Salah satunya adalah, penguatan pendidikan  vokasi sebagai langkah strategis untuk produktivitas dan daya saing. Sementara, kebudayan dijadikan alat untuk menaungi pendidikan nasional sebagai bagian dari upaya penguatan karakter bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s