Pemerintah akan Siapkan Guru Produktif

Republika, halaman 5

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berupaya menciptakan guru produktif sehingga dapat menghasilkan lulusan pendidikan vokasi yang berkompetensi dan dibutuhkan dunia kerja. Sebab selama ini pendidikan vokasi justru dinilainya belum menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan profesional.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir di gedung Bina Graha, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (24/10), mengatakan, melalui pengembangan pendidikan antara akademisi dan industri seperti di Politeknik Maritim Negeri Indonesia diharapkan dapat memperbaiki kualitas lulusan pendidikan vokasi. Nasir melanjutkan, tenaga kerja yang memiliki ketrampilan sesuai dengan kebutuhan dunia industri pun akan lebih banyak diciptakan. Dengan mekanisme 50:50 antara akademisi dengan industri, atau perusahaan, ternyata bermanfaat luar biasa bagi para mahasiswa lulusannya.

Nantinya, para lulusan politeknik akan melanjutkan pendidikan profesi guru untuk menjadi guru produktif di sekolah vokasi. Sementara, terkait pemerataan kebutuhan guru produktif pun, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga tenaga pengajar produktif di sekolah vokasi dapat terserap.

Seperti diketahui, tingkat pengangguran saat ini didominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Johnny Darmawan pun menyarankan agar dilakukan perbaikan sistem pendidikan kejuruan sehingga tenaga kerja lulusan SMK dapat terserap sesusai kebutuhan dunia industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s