Pemerintah Janji Perbaiki SMK

Kompas, halaman 11

Kerja sama antar-kementerian sangat diperlukan untuk mengembangkan pendidikan vokasi. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, potensi bonus demografi Indonesia pada 2030 dapat tercapai berkat tersedianya tenaga kerja berkualitas. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, pendidikan vokasi di level menengah dan perguruan tinggi sangat memengaruhi pembentukan kecakapan angkatan kerja.

Ia mengatakan, Kementerian Ketenagakerjaan bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengintervensi SMK-SMK yang dinilai bermasalah. Sebanyak 2.600 perusahaan turut andil memberikan bantuan berupa pelatihan, penerimaan siswa untuk praktik kerja lapangan, dan memberikan alat agar proses pembelajaran bisa optimal. Di dalam pemagangan siswa SMK tidak akan sekadar membantu, tetapi juga terlibat dengan pekerjaan tertentu yang berhubungan dengan suatu jabatan. Dengan demikian siswa memiliki bekal agar bisa terserap oleh perusahaan tersebut ketika lulus.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Februari 2016, tingkat pengangguran di kalangan lulusan SMK bertambah menjadi 9,84 persen (1,35 juta orang). Persentase pengangguran di antara lulusan SMA bertambah menjadi 6,95 persen. Tingkat pengangguran di kalangan lulusan diploma 1 hingga diploma 3 adalah 7,22 persen.

Hanif juga mengatakan, akan dilakukan revitalisasi balai latihan kerja (BLK) untuk mendidik orang-orang berusia kerja yang tidak menamatkan pendidikan dasar dan menengah. BLK merupakan wujud pendidikan vokasi non-formal. Per Agustus 2016, tercatat ada 6.286 perusahaan yang berintegrasi dengan BLK. Mereka mengembangkan pelatihan berbasis kompetensi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s