1,4 Juta Siswa Tak Dapat KIP

Indopos, halaman 3

Minimnya serapan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akhirnya merombak program unggulan itu untuk periode 2017. Alokasi penerima KIP tahun dipangkas mencapai 1,4 juta anak. Anggarannya dialihkan untuk kegiatan lain di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seperti rehab sekolah rusak dan tunjangan guru.

Sejatinya, tahun depan alokasi penerima KIP mencapai 17,9 juta anak. Dengan anggaran yang disiapkan berjumlah Rp 9,5 triliun. Tetapi akhirnya rencana KIP 2017 itu direvisi. Total sasaran penerima KIP di kepras 1,4 juta anak, tinggal 16,4 juta anak. Kemudian anggrannya turun dari Rp 9,5 triliun menjadi Rp 8,6 triliun.

Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan masyarakat tidak perlu risau dengan pemangkasan sasaran penerima KIP itu. Sebab dia menjamin pemangkasan itu tidak berpengaruh kepada siswa pemegang KIP tahun ini. Dirinya menuturkan bahwa komitmen pemangkasan kuota penerima KIP itu tidak mengorbankan anak-anak yang ada di sekolah. Sehingga pemotongan penerima KIP itu dikhususkan untuk anak-anak non-siswa. Anak-anak kategori ini adalah mereka yang tidak duduk di bangku sekolah. Untuk penerima KIP yang belajar di kursus jangka panjang, kejar paket A, B, dan C juga tidak terkena pemangkasan.

Menurut Muhadjir ada beberapa penyebab serapan program KIP itu rendah. Diantaranya adalah anak yang sudah umurnya terlewat. Misalnya seharusnya masih di SD, tetapi usianya sudah mendekati 20 tahun. Kemudian sasaran pemotongan kuota KIP untuk anak-anak yang alamat tempat tinggalnya tidak jelas. Selain itu juga untuk anak nonsiswa yang usianya sudah 20 sampai 21 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s