33 Juta Anak Perlu PAUD

Kompas, halaman 11

Anak-anak usia 0-6 tahun harus memiliki akses pada pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Di Indonesia, ada lebih dari 33 juta anak yang berusia 0-6 tahun. Mereka perlu disiapkan menjadi generasi yang lebih baik seawal mungkin. Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ella Yulaelawati mengatakan, pencapaian 100 tahun Idnonesia merdeka sangat ditentukan oleh bagaimana Indonesia memanfaatkan peluang bonus demografi dengan menyiapkan tenaga kerja yang nanti jumlahnya melimpah. Anak usia 0-6 tahun pada 2010 yang berjumlah 32,5 juta orang, pada tahun 2045, usia mereka mencapai 35-41 tahun. Hal itu disampaikan Ella dalam peluncuran PAUD Holistik Integratif, di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (25/10).

Lewat program itu, sebanyak 100 PAUD di Kabupaten Kupang dibantu agar dapat mengembangkan layanan pendidikan bermutu. Pengembangan dikerjakan bersama guru, orangtua, serta komunitas. Layanan PAUD Holistik Integratif dinilai mampu memberikan landasan lebih baik bagi anak, sehingga mereka memiliki kemampuan literasi dan numerasi.

Peningkatan mutu PAUD tidak hanya ditempuh dengan membekali guru PAUD agar bisa mendidik secara benar dan peduli pada perkembangan holistik anak. Upaya pengembangan juga menyentuh orangtua dan keluarga sehingga mereka bisa memahami perkembangan anak usia dini serta membantu mereka tumbuh optimal.

Deputi Representatif UNICEF Indonesia Lauren Rumbie mengatakan, secara global, telah diakui pentingnya mengoptimalkan masa keemasan anak 0-6 tahun. Pertumbuhan sel-sel otak mereka pesat sehingga perlu distimulasi lewat cara-cara yang menyenangkan dan pengasuhan yang baik. Menurut dia, anak-anak usia dini di NTT sangat memerlukan perhatian. Masalah kekurangan gizi ataupun tumbuh pendek menjadi salah satu isu serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s