Mahasiswa Didorong Gunakan Media Sosial dengan Bijak

www.antaranews.com

mahasiswa harus cerdas dalam menggunakan media sosial, karena media sosial tidak hanya dapat membantu seseorang dalam banyak hal namun juga dapat mendorong dan memberikan perubahan yang sangat dibutuhkan dalam masyarakat.

Koordinator Kampus kitabisa.com, Muhammad Junaedi, mengatakan, mahasiswa dapat menggunakan media sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, misalnya menciptakan kotak amal virtual atau penggalangan dana. Jika mereka mampu memanfaatkannya, media sosial  juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Hal itu diungkapkan Junaedi ketika berbicara pada seminar bertema “Socio Technology Future Leader, Online Fundraising for Campus Issues” di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (25/10).

Dia mendorong mahasiswa untuk menggunakan platform media sosial secara efektif dan inovatif, karena Indonesia adalah rumah bagi banyak orang yang bersedia membantu namun tidk tercukupi oleh adanya website atau platform yang bisa menghubungkan mereka yang ingin membantu dengan mereka yang membutuhkan bantuan. Junaedi menambahkan bahwa situs non profit yang dikelolanya merupakan salah satu pemanfaatan media sosial dengan cara menggalang dana bagi masyarakat yang membutuhkan. Situs yang dikelola tersebut menjadi salah satu situs penggerak perubahan.

Ia menambahkan, dalam mengelola penggalangan dana secara online diperlukan beberapa langkah yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah melalui peer funding. Faktanya dalam melakukan pendanaan 80 persen donasi datang dari lingkungan terdekat. Sebagai permulaan, lanjutnya, dengan membuat daftar 100 teman yang berpotensi menjadi donator. Dalam penggalangan dana melalui media online harus melalui pesan pribadi ketimbang melalui broadcast karena akan mudah disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, pendiri Hipwee Community Yogyakarta, Irvandias Sanjaya, mengatakan, kekuatan pemuda untuk mengubah masyarakat yaitu melalui ide-ide yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan media sosial. Ia mengatakan, untuk merealisasikan ide-ide tersebut menjadi upaya nyata, maka diperlukan jaringan, waktu, idealisme, dan uang. Uang ini menjadi salah satu hambatan dalam merealisasikan ide. Dan kita bisa mencari bantuan melalui penggalangan dana untuk merealisasikan ide-ide tersebut, yang tentunya harus memberikan manfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s