Penerima PIP Dipangkas

Republika, halaman 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengurangi sasaran penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) pada 2017. Sasaran PIP turun menjadi 16.4 juta siswa dari sebelumnya, yakni 17.9 juta siswa. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Senin (24/10) malam.

Muhadjir menjabarkan, sebelumnya sasaran penerima manfaat PIP sebanyak 17,9 juta siswa dengan anggaran sebesar Rp 9,5 miliar. Masing-masing, 10,3 juta untuk siswa SD, 4,3 juta untuk siswa SMP, 1,3 juta untuk siswa SMA dan 1,8 juta untuk siswa SMK.

Penyesuaian dilakukan pada penerima PIP berusia 20-21 tahun, yakni sebesar 1.439.436 siswa. Sehingga, anggaran pun menjadi berkurang sebanyak Rp 894 miliar. Pada 2017, Kemendikbud menargetkan sasaran penerima manfaat PIP sebanyak 16,4 juta dengan anggaran sebesar Rp 8,6 miliar. Masing-masing, 9,5 juta untuk siswa SD, empat juta untuk siswa SMP, 1,2 juta untuk siswa SMA dan 1,6 juta untuk siswa SMK.

Muhadjir menjelaskan, penyesuaian sasaran penerima manfaat PIP dirumuskan bersama Kementerian Sosial (Kemensos) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Saat itu, ia menjelaskan, perumusan menghasilkan asumsi, ihwal sasaran PIP yang dibuat over estimasi. Berdasarjan kajian dan telaah, lanjut Muhadjir, Kemendikbud menyisihkan yang sebelumnya 4,1 juta sasaran ATS (anak tidak sekolah) menjadi 1,4 juta calon peserta didik. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan, alih fungsi anggaran PIP digunakan untuk merehabilitasi sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s