Guru Siap Bantu Berantas Pungli

Kompas, halaman 12

Presiden Joko Widodo makan siang bersama pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/10). Para pengurus PGRI itu menyatakan siap mendukung pemerintah menyelesaikan beragam persoalan. Selain menerapkan revolusi mental melalui peningkatan mutu dan profesionalisme para guru di Tanah Air, PGRI juga siap mendukung upaya pemberantasan korupsi di lingkungan pendidikan, termasuk operasi sapu bersih pungutan liar (pungli).

Pelaksana Tugas Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, para guru sangat mendukung gerakan memberantas pungli. Gerakan itu merupakan bagian dari etika para guru sehingga korps nya menyambut baik hal tersebut. Ia juga mengatakan, pengurus PGRI siap menggerakkan para guru di Tanah Air untuk menjadi agen perubahan dalam rangka mewujudkan revolusi mental seperti dalam program Nawacita yang dicanangkan Presiden.

Terkait pungli yang marak terjadi di beberapa sektor, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan. Misalnya, menerapkan sistem e-book, sehingga untuk belanja buku-buku sekolah tidak lagi dilakukan secara tunai. Dengan demikian, potensi terjadinya pungli di kalangan pendidikan diperkecil.

Terkait dengan adanya dugaan praktik pungli di lingkungan pendidikan, Muhadjir menegaskan, itu bukan berarti dilakukan para guru, karena pelaku pungli yang ada dalam birokrasi pendidikan. Guru hanya sebagian kecil dari sistem pendidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s