Ketua SNMPTN: Pendidikan Indonesia Semakin Mundur

Suara Pembaruan, halaman 19

Belum lama ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) yang pada masa mendatang, UN tidak perlu dilakukan setiap tahun, jika tujuannya hanya untuk pemetaan. Pasalnya, hasil pemetaan dari UN ternyata tidak dimanfaatkan, padahal dana yang dialokasikan lebih dari Rp 500 miliar. Menyikapi hal itu, Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Prof Rochmat Wahab mengatakan, kebijakan itu adalah sebuah kemunduran pendidikan. Pasalnya, pendidikan Indonesia tidak memiliki standar nasional. Dalam hal ini, para siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar dan para guru tidak memiliki targat yang perlu dipenuhi.

Dijelaskan Rochmat, Ujian Akhir Semester (UAS) tidak dapat dijadikan rujukan untuk menilai kemampuan peserta didik. Sebab, banyak sekolah yang memanipulasinya demi menjaga nama baik sekolah. Hal ini diketahui berdasarkan hasil UN yang diterima panitia SNMPTN dan SBMPTN. Tercatat, banyak sekolah yang memiliki hasil UN rata-rata 6,5. Sedangkan UAS rata-rata targetnya 8,5.

Sehingga, ketika perguruan tinggi memutuskan hasil ujian menjadi salah satu dari persyaratan SNMPTN, maka hasil UN yang digunakan, bukan UAS. Sebab, UN dinilai lebih konsisten. Selanjutnya, terlepas dari fungsi UN untuk syarat masuk perguruan tinggi negeri, UN masih berperan besar membentuk standar pendidikan.

Lebih lanjut, Rochmat juga mempertanyakan, jika tidak ada UN, bagaimana pemerintah memperbaiki kurikulum. Sebab, perbaikan kurikulum butuh rujukan dan hasil UN menjadi salah satunya untuk menentukan standar pendidikan di kelas. Mulai dari materi pelajaran, hingga kesiapan guru menghadapi kemajuan teknologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s