Menteri Siap Tinjau Ulang Porsi Hak Suara

Kompas, halaman 1

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memantau pemilihan rektor perguruan tinggi negeri. Nasir juga siap meninjau ulang porsi hak suara dalam pemilihan.

Hal itu ditegaskan Menristek dan Dikti Muhammad Nasir dalam jumpa pers, Rabu (26/10), di Jakarta menyusul indikasi KPK soal adanya dugaan kecurangan di beberapa PTN dalam proses pemilihan rektor. Nasir mengatakan, ada baiknya KPK dan KASN dilibatkan supaya aspek-aspek lain juga bisa diselidiki sehingga para calon rektor memang betul-betul bersih. Nasir mengungkapkan, sejauh ini KPK belum merespons permintaan Kemristek dan Dikti untuk menjelaskan detail permasalahan. Tanpa kejelasan titik permasalahan, akan susah bagi Kemristek dan Dikti melakukan pembenahan. Maka, Nasir memohon pihak KPK segera memberitahukan hal-hal spesifik yang diperkarakan itu.

Peneliti Indonesia Corruption Watch Febri Hendri mendesak perlunya revisi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah. Akar persoalan, katanya, ada pada suara yang dimiliki menteri yang mencapai 35 persen. Menurut Febri, seharusnya pemilihan rektor dilakukan oleh pemangku kepentingan di kampus. Pemerintah dan negara cukup menyediakan dana bagi kampus. Biarlah pemilihan rektor diserahkan kepada orang kampus.

Sejauh ini, PTN yang dilaporkan bermasalah dalam pemilihan rektor kepada Kemristek dan Dikti adalah Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Negeri Manado (Unima), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, dan Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Nasir memerintahkan agar pemilihan rektor di USU dan Unima diulang. Sementara pemilihan rektor di UHO dan Unmus ditunda karena yang menjadi anggota senat tidak sesuai ketentuan Undang-Undang No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s