Anggaran KIP 2017 Turun, Jumlah Sasaran Berkurang

Suara Pembaruan, halaman 16

Total usulan pagu anggran 2017 yang diajukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak berubah, masih sebesar Rp 39,8 triliun. Anggaran tersebut sudah termasuk alokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2017 untuk 17,9 juta penerima. Terkait dengan anggran, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, sasaran penerima Program Indonesia Pintar (PIP) 2017 tidak sebanyak tahun 2016. Untuk itu, pengalokasian anggaran 2017 untuk KIP berbeda, karena disesuaikan dengan sasaran penerima KIP 2017 yang juga berkurang.

Tercatat pada 2016 anggaran KIP dialokasikan untuk 17,9 juta anak, sehingga menghabiskan angaran senilai Rp 10,3 T. Sedangkan 2017 hanya untuk 16,5 juta anak. Maka dana yang dialokasikan senilai Rp 8,6 T. Dalam hal ini pengurangan sasaran penerima sebanyak 1,4 juta anak.

Muhadjir mengatakan, penyesuaian penerima PIP berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan tahun 2016. Karena dalam penerima sasaran PIP 2016 sebanyak 17,9 juta anak itu, terdapat jumlah yang memang dialokasikan untuk berjaga-jaga jika ada anak usia sekolah yang masuk dalam pendidikan non formal. Namun pada kenyaraannya daya serap anggarannya rendah, sehingga asumsi bahwa alokasi tersebut memang overestimasi.

Sementara itu, untuk sisa anggaran, Muhadjir mengatakan, akan dialokasikan untuk pemanfaatan penambahan sasaran di lima sektor lain, meliputi rehabilitas ruang belajar, peralatan pendidikan, akreditasi sekolah/lembaga, penambahan insentif guru non PNS dan fasilitas komunitas budaya, serta beasiswa unggulan dan bantuan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s