Banyak Anak Putus Sekolah di Sulbar karena Bantu Orang Tua

The Jakarta Post, halaman 5

Meskipun pendidikan gratis telah tersedia, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, tengah berjuang untuk menurunkan jumlah anak putus sekolah. Banyak anak putus sekolah disana karena harus membantu orang tua mereka guna memenuhi kebutuhan hidup.

Tahun lalu, terdapat hampir 10.000 anak-anak di kabupaten tersebut berhenti sekolah sebelum waktunya. Bupati Mamuju Habsi Wahid menyalahkan kondisi tersebut karena faktor ekonomi, sosial dan budaya. Sebanyak 7% penduduk di wilayah Mamuju adalah keluarga miskin, dan 80% dari anak-anak putus sekolah itu berasal dari keluarga miskin tersebut.

Habsi mengatakan, anak-anak yang seharusnya pergi ke sekolah tersebut harus bekerja untuk membantu penghasilan keluarga mereka, hal itu menyebabkan mereka putus sekolah. Bahkan, lanjut Hasbi, beberapa anak tak pernah menginjakkan kaki di sekolah karena orang tua mereka miskin.

Beberapa bagian wilayah Mamuju, terutama daerah pegunungan dan pesisir, memiliki fasilitas transportasi yang terbatas sehingga sulit untuk diakses. Tingkat pendidikan tertinggi penduduk disana hanya lulusan SMA, tidak ada lulusan perguruan tinggi.

Secara tradisional, orang tua di Mamuju lebih memilih menikahkan anak-anak mereka di usia muda, karena hal itu dianggap lebih terhormat daripada mengirim mereka ke sekolah.

Pemkab Mamuju pada tahun 2015 berinisiatif meluncurkan sebuah program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) dengan tujuan agar pada 2018 semua anak-anak putus sekolah dapat kembali bersekolah. Dia mengatakan tahun lalu mereka berhasil mengembalikan sebanyak 500 anak putus sekolah kembali bersekolah. Tahun ini mereka menargetkan sebanyak 3.200 anak putus sekolah dapat kembali bersekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s