Menristekdikti Tekankan Pelaksanaan SBMPTN tanpa Perjokian

www.antaranews.com

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menekankan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diselenggarakan tanpa adanya perjokian. Pada pelaksanaan SBMPTN tahun lalu, terungkap adanya praktik perjokian di Universitas Negeri Solo dan Universitas Hasanuddin Makassar.

Menristekdikti menjelaskan bahwa perjokian pada hakikatnya adalah masalah moral, sebaik apapun sistem jika moral yang bermasalah, maka selalu akan ada celah untuk melakukan praktik tidak baik tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta pada pihak panitia untuk sebisa mungkin menimalisir perjokian itu.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) Herry Suhardiyanto mengakui bahwa sistem perjokian masih ada. Untuk itu pihaknya melakukan konsolidasi jajaran panitia untuk menerapkan prosedur baku secara disiplin. Ia juga minta pada pihak panitia untuk segera menangkap, jika ada melihat ada hal-hal yang mencurigakan. Herry mengimbau para peserta SBMPTN untuk tidak tergoda untuk menggunakan joki karena akan tertangkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s